Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten menerima kunjungan kerja Kepala Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta, Herman Zuhdi di Ruang Rapat Komisi I DPRD Banten di KP3B Rabu, 4 November 2015. Dalam kunjungan tersebut, Kepala RRI Jakarta Herman meminta kepada Pimpinan dan Anggota Komisi I untuk membantu menyediakan lahan pembangunan Stasiun RRI Provinsi Banten melalui hibah, lantaran Pemerintah Provinsi Banten sudah bersedia membantuanya.

“RRI sebagai lembaga penyiaran publik yang bertanggung jawab terhadap Presiden, membutuhkan lokasi penyiaran yang permanen di Provinsi Banten. Karena itu, kami minta kepada Pimpinan dan Anggota Komisi I Provinsi Banten membantu kami dalam penyediaan lahan untuk pembangunannya melalui bantuan hibah,” kata Herman.

Menurut Herman, pada tahun anggaran 2014, RRI Provinsi Banten menerima bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp 400 juta, dan pada tahun anggaran 2015 menerima bantuan hibah sebesar Rp 500 juta. “Bantuan hibah itu dipergunakan untuk operasional RRI Provinsi Banten, jadi kalau sekarang Pemerintah Provinsi Banten bersedia menghibahkan lahannya kami siap mempertanggung jawabkannya,” ujarnya.

Herman mengaku tidak akan mengecewakan kepercayaan masyarakat Banten dan Pemerintah Provinsi Banten.”Sejak RRI berdiri di Provinsi Banten, kami sudah banyak melakukan kegiatan. Bahkan sebagian masyarakat sudah banyak merasakan manfaatnya karena kami berkerja untuk melayani masyarakat,” katanya.

Menanggapi permintaan itu, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten, Zaid Elhabib mengatakan, pengajuan lahan untuk pembangunan gedung RRI sudah disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Banten. “Itu sudah kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Banten, mudah-mudahan Pemerintah Provinsi Banten dapat merealisasikannya,” kata Zaid.

Dalam kesempatan yang sama, Zaid juga menyarankan kepada RRI untuk menempati aset Pemerintah Provinsi Banten yang tidak terpakai, baik aset bangunan maupun lahan. “Aset Pemerintah Provinsi Banten ini tidak sedikit yang tidak terpakai, kenapa tidak sebelum ada bangunan permanen RRI bisa memanfaatkan aset itu,” katanya.

Sependapat dengan itu, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten, Ade Yuliasih mengharapkan RRI dapat melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Banten, terutama DPRD Provinsi Banten sehingga masyarakat mengetahui kegiatan DPRD. “Tidak semua masyarakat mengetahui kegiatan DPRD, maka dengan adanya RRI di Banten diharapkan dapat menyiarkan kegiatan DPRD, terutama pada saat Anggota DPRD melakukan reses,” ujarnya. (DPRD Provinsi Banten/Adv)