Serang – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Gubernur Banten Rano Karno di Pendopo Gubernur Banten, Selasa, 29 Maret 2016. Kedatangan tim dari KPK tersebut untuk bekerja sama dengan Pemprov Banten dalam upaya pencegahan korupsi. Pencegahan ini  dilakukan melalui kunjungan KPK ke sejumlah SKPD di Pemprov Banten, DPRD Banten, serta sejumlah instansi vertikal yang ada di Banten.

Kordinator Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK Asep Rahmat Suwandha mengatakan, kerja sama ini nantinya akan difokuskan kepada tiga aspek dalam pemerintahan yaitu perencanaan program khusus pada pengadaan, penganggaran dan pelayanan publik. Karena menurutnya ketiga aspek tersebut dianggap rentan terjadi penyalahgunaan yang berujung pada tindak pidana korupsi.

“Aspek ini akan kita bantu dan bagaimana agar berjalan sesuai dengan aturan, baik, tanpa ada praktek-praktek yang tidak patut,” kata Asep Selasa, 29 Maret 2016.

Untuk itu pihaknya meminta komitmen dari Gubernur Banten Rano Karno sebagai pimpinaan tertinggi di Provinsi Banten agar dapat bekerja sama dengan KPK dalam melaksanakan upaya pencegahan korupsi. Rencananya KPK akan mengunjungi SKPD di Pemprov seperti DPPKD, Dinkes, DBMTR, SDAP, Dindik, Setwan, Inspektorat, BKD, BKPMPT, ULP, para Asisten Daerah, dan instansi vertikal lainnya selama beberapa hari.

“Kami ingin memberikan pesan kepada semuanya untuk menuju yang lebih baik. Dengan Harapan adanya perubahan bukan hanya pada sistemnya semata tetapi semuanya,” kata Asep.

Menurutnya, dalam waktu dekat KPK akan menyelenggarakan Semiloka Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Korupsi.  Semiloka korsupgah korupsi tersebut diselenggarakan sebagai upaya preventif pencegahan tindakan korupsi. “Kita akan mengumpulkan semua stakeholder di Pemprov Banten. Kita coba hadirkan piminan KPK dan intansi pusat, kita bikin suatu momen kedepannya seperti apa baik itu deklarasi atau penandatanganan komitmen yang didalamnya sudah ada poin-poin apa yang harus kita lakukan,” katanya.

Gubernur Banten Rano Karno menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan KPK dalam upaya Korsupgah. Gubernur mempersilahkan KPK untuk mendatangi dan meminta hal-hal yang dibutuhkan KPK dari SKPD yang ada di Pemprov Banten. Gubernur mengaku dirinya sangat terbantu dengan kehadiran KPK dalam upaya pencegahan korupsi tersebut.

“Karena pencegahan korupsi itu tidak bias dilakukan sendiri, tapi harus sinergis dengan seluruh pihak yang tekait termasuk dengan penegak hukum seperti KPK. Artinya kunjungan KPK ini mejadi kekuatan bagi kita untuk lebih baik,” ujar Rano. (Mat/Acing)