SERANG – Sebanyak 145.092 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Provinsi Banten hari ininmengikuti Ujian Nasional (UN), baik berbasis kertas maupun berbasis komputer atau UNBK. Senin 4 April 2016.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Banten E Kosasih Samanhudi, penyelenggaraan UNBK tahun ini, tidak sepenuhnya on-line, namun menggunakan sistem semi-online, dimana siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline, kemudian hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah), ke server pusat secara online (upload).

“Adapun mata pelajaran yang diujikan untuk jenjang pendidikan SMA/MA adalah Bahasa Indonesia dan Kimia, jenjang pendidikan MA Program Keagamaan adalah Bahasa Indonesia dan Hadist. Sedangkan mata pelajaran yang diujikan pada jenjang pendidikan SMK/MAK adalah Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal UN Banten, Teddy Rukman mengatakan, sejauh ini belum ada kendala yang berarti dalam UN, distribusi soal berjalan dengan baik. Teddy pun berharap kondisi tersebut tetap bertahan hingga UN srlesai.(Yan/cing)