Sigmainteraktif.com – Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis akan menyajikan tiga laga fase grup sepanjang Kamis malam WIB hingga Jumat dinihari WIB (17/6/2016) yakni Inggris versus Wales, Ukraina vs Irlandia Utara, dan Jerman vs Polandia. Ketiganya disiarkan secara langsung oleh RCTI.

Berikut jadwal lengkapnya:

Inggris vs Wales, Kamis, pukul 20:00 WIB, siaran langsung RCTI.
Ukraina vs Irlandia Utara, Kamis, pukul 23:00 WIB, siaran langsung RCTI.
Jerman vs Polandia, Jumat, pukul 02:00 WIB, siaran langsung RCTI.

Inggris vs Wales merupakan matchday kedua Grup B. Pertandingan tersebut dijadwalkan digelar di Stadion Bollaert-Delelis di Kota Lens, mulai pk. 20:00 WIB dan akan dipimpin wasit Felix Brych dari Jerman.

Dengan hasil 1-1 versus Rusia dalam pertandingan pertama, Inggris wajib menang atas Wales jika ingin memelihara kans untuk lolos ke babak 16 besar.

Apabila Wayne Rooney dan kawan-kawan gagal memetik angka penuh, maka langkah Three Lions terancam, mengingat laga terakhir fase grup harus bertemu lawan berat yakni Slovakia, yang mampu menundukkan Rusia—yang melawan Inggris bisa seri—dengan skor tipis 2-1.

Sementara itu bagi Wales, kemenangan atas Inggris akan meloloskan mereka ke 16 besar dalam penampilan debutan di turnamen ini. Hasil imbang pun tak akan terlalu masalah bagi Wales dan posisinya relatif aman lantaran di laga pertama mereka berhasil menaklukkan Slovakia 2-1.

Sementara itu, pertandingan Ukraina vs Irlandia Utara dan Jerman vs Polandia adalah matchday kedua Grup C. Ukraina dan Irlandia Utara tak punya pilihan selain harus menang dalam laga yang digelar mulai pk. 23:00 WIB, sebab di laga pertama mereka kalah.

Hasil imbang akan membawa kesengsaraan bagi kedua tim, karena dengan hanya nilai 1, mereka harus berhadapan dengan lawan kuat, Jerman dan Polandia, di laga terakhir fase grup. Dengan demikian, jangankan untuk lolos ke 16 besar sebagai juara atau runner up grup, lolos sebagai salah satu dari empat peringkatketiga terbaik pun akan sulit.

Sedangkan bagi Jerman dan Polandia, yang telah mengoleksi tiga angka, kemenangan dalam pertandingan yang dimulai pada pk. 02:00 WIB akan meloloskan mereka ke fase knock out. Bahkan, hasil seri saja tetap memelihara asa untuk ke perdelapan final, paling tidak sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik dari enam grup.  (Tempo.co/Acing)