Sigmainteraktif.com – Tidak sedikit pekerja kantoran, utamanya kaum ibu, yang memutuskan untuk bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah dianggap lebih mudah karena waktu bekerjanya lebih fleksibel. Selain itu, anak dan segala urusan rumah juga bisa ditangani.

Saat bekerja di rumah, tentu ibu harus pintar membagi waktu, karena si kecil berada di dekat ibu. Untuk itu, simak beberapa tip berikut agar ibu bisa menyeimbangkan karier serta kehidupan keluarga:

1. Buat jadwal
Anda bisa menuliskan jadwal kegiatan dalam sehari pada pagi hari. Untuk memudahkan, rinci kegiatan per jam. Selain itu, Anda juga bisa melakukan multitasking, misalnya dengan menyusui anak sambil rapat dengan karyawan melalui telepon.

2. Gunakan aplikasi reminder
Banyaknya hal yang harus dilakukan dan terbaginya konsentrasi seorang ibu baru, membuatnya membutuhkan pengingat (reminder) agar dapat menyelesaikan semua tugasnya dengan baik. Jangan lupa untuk selalu memperbarui reminder agar tidak ada pekerjaan yang terlewat.

3. Persiapkan hal yang tidak terprediksi
Prioritaskan kegiatan yang paling penting untuk dilakukan dalam sehari. Mustahil, Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan dalam sehari. Oleh karenanya, perlu memiliki jadwal yang fleksibel.

4. Gunakan papan tulis
Selain menggunakan reminder, Anda bisa menggunakan papan tulis untuk membantu mengingat berbagai kegiatan yang akan dilakukan. Anda bisa menuliskan kegiatan jangka pendek dan tujuan jangka panjang di papan tulis tersebut.

5. Cari bantuan mengasuh anak
Ketika sedang rapat atau benar-benar sibuk, Anda bisa menitipkan anak di daycare, menggunakan jasa pengasuh bayi paruh waktu, atau meminta bantuan orang tua untuk mengasuh anak.

6. Me time
Sesekali sempatkan diri untuk menghabiskan sedikit me time di luar. Anda bisa menikmati suasana santai di kafe sambil menyelesaikan pekerjaan.

7. Gunakan timer
Anda bisa menggunakan alat pengatur waktu atau timer untuk menjaga agar jadwal berjalan sesuai rencana. Misalnya, Anda yang bekerja sebagai penulis, bisa meluangkan waktu minimal satu jam setiap harinya untuk menulis. Atur timer Anda hingga satu jam mendatang, jika timer telah berbunyi, segeralah berganti kegiatan. (Tempo.co/Acing)