Lebak – Kampanye terbatas  Cawagub Banten nomor urut 1, Andika Hazrumy pada Senin 21 November 2016 dengan masyarakat  Warunggunung, Lebak berlangsung mengejutkan. Pasalnya Andika yang akrab disapa Aa ini tiba-tiba mengeluarkan dua tiga jurus silat ketika disambut warga Salasar,  Warunggunung, Lebak dengan tari silat dari Kesti TTKKDH.

“Up, up… “teriak Andika mengikuti jurus yang diperagakan oleh anggota Padepokan Titisan Leluhur, Warunggunung, Senin 21 November 2016.

Kembang jurus yang Andika peragakan kontan membuat masyarakat yang tengah menantinya itu standing applause. Ketua Padepokan Titisan Leluhur Sumardi mengaku sangat kaget dengan peragaan dua tiga jurus oleh Cawagub Banten, Andika Hazrumy. “Bukan kaget karena beliau ternyata bisa silat. Tapi karena beliau tidak segan-segan untuk ikut, istilahnya mah ‘ngibing’ sama kami,” ujar Sumardi, Senin, 21 November 2016.

Ia menegaskan, Andika memang cucu Jawara Banten Tb Chasan Sohib. Oleh karena itu saat Andika mengeluarkan dua tiga kembang jurus tari kolot kebon djeruk hilir tak begitu membuatnya kaget. “Ya wajar memang, kan beliau memang cucu abah Chasan Sohib. Saya cukup bangga punya cawagub yang masih memiliki dan cinta sama tradisi Banten ini,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, Padepokan yang ia dirikan dalam nenerapa tahun ini memang memiliki dasar silat Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH). “Saya berharap dengan pak Andika yang keturunannya kita tahu memiliki background kebantenan yang kuat bisa melestarikan pencak silat Banten,” harapnya.

Sementera anak sulung Ratu Atut Chosiyah sekaligus Cucu dari Pendekar Banten, Almarhum Chasan Sohib,  Andika Hazrumy mengaku beberapa jurus silat asli Banten sedikitnya dia hafal. “Ya masih inget sedikit-sedikit. Kan pernah belajar dari kakek,” kata Andika.

Ia juga menjelaskan, sangat cinta dengan tradisi dan nudaya Banten, termasuk pencak silat. “Ya saya kan orang Banten. Dan  mencintai Banten termasuk tradisi dan budayanya itu keharusan buat kami,” katanya. (Bud/Rmd)