Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten terus melakukan memperbaiki sistem pelaporan keuangan dilingkungan Pemerintah Provinsi Banten. Pada tahun 2018 Pemprov Banten akan mulai menerapkan sistem Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dalam berbentuk elektronik (SP2D daring).

Dengan sistem daring tersebut pencairan dana tidak lagi harus datang ke bank dengan membawa berkas hardcopy. “Kami sedang buat sistem elektronik SP2D, jadi manakala pihak ketiga atau OPD mau mencairkan dana tinggal touchscreen saja melalui sistem administrasi yang dibuat BPKAD,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, Nandy Mulya Kamis, 9 Maret 2017.

Menurut Nandy, dengan diterapkannya e-SP2D akan meningkatkan efisiensi dan transparansi. “Jadi, nanti akan ketahuan perkembangannya, berkasnya sudah sampai di mana, itu akan terlacak melalui sistem, misalnya kenapa berkas dikembalikan, ternyata ada persyaratan yang kurang. Nah, seperti ini, kalau ketemu kan sangat rentan, nanti dicurigai ada apa-apa. Jadi, begitu lengkap, nanti masuk ke bank, pencairan langsung ke rekening. Sekarang kasda kami di Bank Banten,” ujarnya.

Sedianya e-SP2D tersebut ditargetkan 2017, namun terhenti, karena terkait peralihan kas daerah dari BJB ke Bank Banten. “Target kami memang sudah berjalan 2017 ini, tetapi karena kasda berubah dari Bank Jabar ke Bank Banten, jadi sekarang sedang dibahas lagi. Bukan hanya dengan bank, tetapi juga dengan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), karena ada cash management system (CMS), itu otoritasnya ada di BPKP, nah bagaimana e-SP2D ini mengakomodasi CMS itu,” katanya.

Tidak hanya itu, sebelumnya  Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten juga sudah mulai menerapkan sistem perjalanan dinas berbasis teknologi elektronik Surat Perintah Perjalanan Dinas elektronik (e-SPPD).

“Penerapan sistem e-sppd ini untuk mempermudah mengontrol perjalanan dinas ASN dalam melaksanakan tugasnya, dan tindak lanjut rencana aksi KPK dan Pemerintah Provinsi Banten,” ujar Nandy. (BPKAD/ADV)