Pandeglang – Proyek pembangunan bandar udara Banten Selatan yang berlokasi di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, segera direalisasikan. “Kepastian pembangunan bandara Banten Selatan segera direalisasikan disampaikan langsung oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Agus Santoso,” kata Bupati Pandeglang Irna Narulita Kamis, 16 Maret 2017.

Menurut Irna, Pemkab Pandeglang mendukung pembangunan Bandara Bansel itu yang diyakini akan mendorong kemajuan di daerah itu, terutama di wilayah selatan. “Pasti ada pengaruh positif pada kemajuan daerah, terutama di Pandeglang bagian selatan, yakni Kecamatan Panimbang dan sekitarnya,” ujarnya.

Bandara Banten Selatan dibangun untuk mendukung pembentukan KEK Pariwisata Tanjung Lesung yang masuk dalam rencana strategis pemerintah pusat  untuk pengembangan pariwisata nasional.

Pembangunan KEK itu dilakukan lintas sektoral, diantaranya Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan serta pemerintah Provinsi Banten.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Banten, Nata Irawan, mengatakan pemerintah provinsi akan mengundang Kementerian Kehutanan dan Kementerian Perhubungan untuk membahas kelanjutan pembangunan bandara.

Menurutnya, kehadiran Bandara Panimbang nantinya akan menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. “Saya rasa hal itu harus diperjuangkan, apalagi kalau Tol Serang-Panimbang sudah jadi. Pemprov juga akan terus berupaya mendukung, tidak ada alasan buat menolak karena itu sangat baik bagi masyarakat Banten,” kata dia. (Ant/Sie)