Serang – Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih periode 2017-2022 Wahidin Halim (WH) dan Andika Hazrumy akan dilantik Presiden Joko Widodo hari ini Jum’at, 12 Mei 2017 di Istana Negara.

Dari informasi yang dihimpun, pelantikan pasangan WH-Andika akan berbarengan dengan empat daerah lainnya yaitu Provinsi Gorontalo, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, Papua Barat, serta Wakil Gubernur Riau yang mengalami kekosongan jabatan.

“Saya sudah terima undangan resminya, di undangan pelantikan akan dilakukan pukul 15:30 WIB di Istana Negara,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten Agus Supriyatana Kamis, 11 Mei 2017.

Agus menambahkan, setiap lembaga yang diundang hanya diperkenankan satu orang yang menghadiri. Untuk itu dari KPU Banten akan diwakili oleh Agus selaku ketua. “Dibatasi, hanya satu perwakilan lembaga, misalnya, Polda satu, dari KPU satu,” katanya.

Sebelumnya pasangan Wahidin Halim dan putra sulung mantan Gubernur Banten Atut Chosiyah, Andika Hazrumy, diusung tujuh partai, yakni Partai Golongan Karya, Partai Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Gerakan Indonesia Raya.

Pasangan tersebut berhasil mengalahkan calon Gubernur Banten inkumben, Rano Karno-Embay Mulya Syarief, yang dijagokan tiga partai, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai NasDem.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Nata Irawan, menitipkan percepatan pembangunan di Kabupaten Pandeglang dan Lebak kepada gubernur dan wakil gubernur terpilih Wahidin Halim-Andika Hazrumy.

Menurut Nata, dua daerah tersebut masih ada kesenjangan pembangunan bila dibandingkan dengan kabupaten/kota yang lain di Provinsi Banten. Terutama, masalah di sektor pendidikan dan kesehatan.

“Dua hal itu (pendidikan dan kesehatan), saya nitip ke gubernur terpilih tolong konsen di Pandeglang dan Lebak karena ada kesenjangan fiskal yang menyeluruh. Padahal, potensi dua daerah ini cukup tinggi, kalau tidak dimaksimal kan sayang,” kata Nata.

Menurut Nata, Pemprov Banten juga sudah mempersiapkan prosesi serah terima jabatan (Sertijab) kepada pasangan WH-Andika setelah resmi dilantik Presiden Joko Widodo . “Kita sudah siapkan, nanti Senin rencananya akan serah terima jabatan di pendopo. Setelah itu saya pamit. Tugas saya selesai,” ujar Nata. (Sir/Rmd)