Sigmainteraktif.com – Media Survei Nasional (Median) menyatakan 40,6 persen publik menginginkan tokoh alternatif selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto saat pemilihan presiden 2019. Dua tokoh itu sudah digadang-gadang partai masing-masing untuk kembali bertarung dalam pilpres.

“Data kami sementara menunjukkan saat ini ada semacam titik balik, belum membesar,” ucap Direktur Eksekutif Median Rico Marbun, Senin, 2 Oktober 2017.

Menurut Rico, hal tersebut menunjukkan tren awal keinginan publik mencari tokoh lain di luar Jokowi dan Prabowo. “Hanya, keinginan itu belum terkonsolidasi ke satu figur,” ujarnya.

Meski begitu, survei tersebut menunjukkan sebagian besar responden masih ingin memilih dua figur itu. Sekitar 36,2 persen masih menginginkan Jokowi dan 23,2 persen menginginkan Prabowo.

Selain itu, ada beberapa tokoh yang dipilih responden, seperti Susilo Bambang Yudhoyono yang mendapat elektabilitas 8,4 persen, Anies Baswedan 4,4 persen, Gatot Nurmantyo 2,8 persen, Jusuf Kalla 2,6 persen, Hari Tanoesoedibjo 1,5 persen, Abu Rizal Bakrie 1,3 persen, Ridwan Kamil 1,2 persen, dan Tri Risma Harini 1 persen.

Survei ini dilakukan terhadap 1.000 responden dengan margin of error +/-3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel ini dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional populasi provinsi dan gender, serta quality control dilakukan terhadap 20 persen sampel. Survei ini dilakukan pada 14-22 September 2017. (Tempo/Sie)