Tumbangnya Tottenham Hotspur dalam derby London Utara di matchday 12 sedikit mengubah komposisi papan atas klasemen Liga Inggris 21 November 2017. Spurs harus rela tergeser Chelsea yang pesta gol ke gawang West Bromwich Albion.

Gol Shkodran Mustafi dan Alexis Sanchez di Emirates membungkam Harry Kane Cs. kekalahan 2-0 membuat pasukan Mauricio Pochettino turun ke posisi empat, terpaut dua poin dari Chelsea yang naik ke urutan tiga berkat kemenangan besar di kandang WBA. Ketika itu rentetan gol The Blues diciptakan Eden Hazard (brace) dan masing-masing satu dari Alvaro Morata dan Marcos Alonso.

Adapun Arsenal meski menang tetap di posisi enam, kalah selisih gol dari Liverpool di atasnya yang meraih kemenangan krusial saat lawan Southampton di Anfield. Ketajaman Mohamed Salah berlanjut dengan torehan dua gol, plus tambahan satu atas nama Philippe Coutinho.

Sedangkan duo Manchester masih menguasai dua besar klasemen sementara. Manchester City melanjutkan catatan belum terkalahkan saat beetamu ke King Power Stadium, gol Gabriel Jesus dan Kevin de Bruyne membungkam Leicester City.

Pasukan Pep Guardiola masih teratas dengan selisih delapan poin bersih dari Manchester United di bawahnya, yang juga meraih kemenangan saat menjamu Newcastle di Old Trafford. Setan Merah sebenarnya tertinggal lebih dulu lewat gol Dwight Gayle, namun tim besutan Jose Mourinho bangkit hingga mencetak empat gol masing-masing oleh Anthony Martial, Chris Smalling, Paul Pogba dan Romelu Lukaku.