Pelayanan di Pelabuhan Merak kembali dibuka sejak pukul 02.30 WIB, Jumat (1/12). Meski demikian, kemacetan dan penumpukan kendaraan masih terjadi, baik di area pelabuhan maupun jalan arteri.

Kepadatan kendaraan terjadi di beberapa titik, mulai di kantong-kantong parkir dermaga, jalur arteri di Cikuasa Atas, hingga di dalam tol Tangerang-Merak. Di dalam tol kemacetan terjadi kurang-lebih 3 kilometer.

“Kita kerahkan sampai 250 personel untuk yang mengamankan jalur, termasuk dermaga, kemudian juga pada ruas-ruas jalan tol, kemudian arteri. Ini sudah kita gelar dari kemarin sore,” kata Wakapolda Banten Kombes Tomex Korniawan kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Jumat (1/12/2017).

Tomex mengaku kemacetan di jalan tol dan jalur arteri merupakan imbas dari dalam pelabuhan lantaran ratusan kendaraan itu menunggu memasuki kapal.

“Memang terjadi perlambatan kendaraan karena memang penumpukan ada di dermaga sambil menunggu kapal yang berangkat,” kata dia.

“Namun kita sudah berupaya menempatkan personel kita untuk membantu, mengimbau, serta mengamankan pengguna jalan yang akan menuju dermaga,” sambungnya.

Beberapa kendaraan yang akan keluar di Gerbang Tol Merak pun dialihkan ke Gerbang Tol Cilegon Barat. Kemacetan hingga pukul 11.00 WIB, menurut Tomex, sudah mulai terurai.

“Sementara itu, yang terjadi kemacetan, kepadatan itu sampai kilometer 96 pada tadi pagi, namun sekarang pelan-pelan sudah terurai,” ucapnya.