Dalam mengembangkan keilmuan di bidang akuntansi di Banten, Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) Wilayah Banten menyelenggarakan konferensi akuntansi Banten (KAB-1) pada tanggal 9 – 10 Januari 2018 bertempat di Kampus Universitas Bina Bangsa, Serang Banten.

Dalam Konferensi ini, agenda besar yang diadakan berupa Seminar Nasional, Call for Paper, dan Workshop Penulisan Jurnal Terindex Scopus. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor Uniba Dr. Furtasan Ali Yusuf, S.Kom., SE., MM. ini diikuti oleh berbagai kampus yang ada di banten dan luar Banten ini mencantumkan 54 Paper, yang terdiri dari 39 paper dari kategori dosen dan 15 Paper dari kategori mahasiswa dan tercatat 301 peserta seminar dan 200 peserta workshop yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Konferensi ini pertama kali diadakan di Banten dan diselenggarakan atas kerjasama berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang tergabung dalam IAI KAPd Wilayah Banten, turut juga berpartisipasi peserta kampus dari luar Banten, seperti dari Jakarta dan Bandung.

Hadir para pemateri yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu H. Subadri Ushuluddin (Ketua DPRD Kota Serang), Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, SE., Ak., M.Si., CA (Ketua IAI-KAPd Pusat) yang memberikan materi tentang Link and Match Concept for Accounting Education in Indonesia, Tarko Sunaryo., MBA., CPA. memberikan materi tentang Peran Akuntan Publik Dalam Mewujudkan laporan keuangan pemerintah yg akuntabel, dan Cris Kuntandi, Ak., CA., CPA., QIA., FCMA., CGMA., CIPSAS., CfrA. memberikan materi tentang LKPD yang Berkualitas yaitu Bersifat Akuntabel, Transparan dan Berkinerja. Seminar ini menjadi semakin menarik karena dimoderatori langsung oleh Ketua IAI-KAPd Banten Roza Mulyadi., SE. Ak., M. Akt., CIBA., ACPA., CSRS.

Dalam membuka kegiatan yang bertemakan “Peran Stakeholder dalam mewujudkan laporan keuangan pemerintahan daerah yang transparan dan akuntabel” ini Roza Mulyadi, Ketua IAI KAPd Wilayah Banten dalam sambutannya mengucapkan Selamat dan Sukses, serta terima kasihnya kepada seluruh pengurus IAI KAPd Wilayah Banten, panitia, dan partisipan atas seluruh dedikasi yang luar biasa, terutama narasumber workshop Prof. Tubagus Ismail, Sehingga KAB 1 IAI KAPD Banten bisa berjalan dengan lancar dan sukses.
“IAI KAPd Banten telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai IAN KAPd wilayah teraktif, yang diterima pada saat Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XX di Universitas Jember, Jawa Timur beberapa saat yang lalu,” jelas Roza bersemangat.

Dosen yang turut mengisi berbagai seminar dan pelatihan bertema akuntansi ini, memberikan apresiasi yang tinggi kepada panitia yang sukses menggelar Konferensi yang baru pertama kali diadakan di Banten ini, dan mengucapkan selamat kepada STIE Latansa Mashiro yang akan menjadi Tuan Rumah Konferensi Akuntansi Banten (KAB-2).

“Atas nama ketua IAI KAPd Banten, mohon maaf jika ada yang tidak berkenan, baik peserta seminar, reviewer, nara sumber, call of paper, workshop dan juga tamu undangan lainnya. Selain itu, selamat kepada pemenang dari Kategori Dosen, yaitu Ibu Triana Zuhrotun Aulia Dari Universitas Muhammadiyah Tangerang dan Bapak Rudiyanto dari STIE Latansa Mashiro. Dan dari kategori mahasiswa, yaitu Nia Marlina dari STIE Banten dan Rizka Nita Pertiwi dari Untirta. Dan selamat atas terpilihnya STIE Latansa Mashiro untuk penyelenggaraan Konferensi Akuntansi Banten (KAB-2),” pungkas Roza Mulyadi yang juga berprofesi sebagai Dosen di Untirta ini.