Setelah sukses melaksanakan kegiatan Konferensi Akuntansi Banten I di Universitas Bina Bangsa, IAI KAPd Banten dibawah kepemimpinan Roza Mulyadi, SE,. Ak,. M.Akt,. CIBA,. ACPA,. CSRS kembali merealisasikan salah satu Program Kerjanya yaitu Seminar Nasional Akuntansi yang diselenggarakan di Auditorium Universitas Serang Raya, Selasa (10/04/2018).

Seminar dengan tema Peran Akuntan Profesional Jaman Now menuju Sustainable Business Practicer dengan Pembicara Prof. Dr. Dra. Hj. Dian Agustia, M.Si, Ak,. CA,. CMA,. CSRS dan Bapak Ahalik, SE,.M.Si,. M.Ak,. CA,. CMA,. CPSAk,. CPA,. CA,. DipIFR,. CIBA,. CBV. Dan yang menjadi Host adalah Universitas Serang Raya.

Denny Putri Hapsari, SE,. M.Ak., Ketua Pelaksana Seminar memaparkan, sesuai Komitmen IAI KAPd Banten, kegiatan kegiatan IAI KAPd Banten akan tersebar di semua  Perguruan Tinggi Di Banten yang memiliki  Program Studi Akuntansi.

“Acara kali ini yang diadakan di Unsera, merupakan komitmen atas keberadaan IAI KAPd Banten dan juga merupakan bagian dari tujuan IAI KAPd Banten untuk menunjukkan eksistensinya  untuk terus berkarya demi memajukan Pendidikan Akuntansi di Banten.

Seminar kali ini  dihadiri 517 orang peserta, dimana jumlahnya melebihi dari  target  yang ditetapkan oleh panitia,dan peserta terdiri dari Mahasiswa, Akademisi dan juga Praktisi. Membludaknya peserta kali ini bisa jadi dipengaruhi tema yang diangkat oleh Panitia  sehingga peserta antusias dalam mengikuti seminar ini,” tutur Denny Putri Hapsari.

Dalam sambutan Rektor Unsera Dr. H. Hamdan, MM, menyampaikan bahwa  Akuntan harus jujur dan teliti.

“Akuntan itu harus jujur dan teliti dan tentu saja saya mengapresiasi dan bangga atas keberadaan IAI KAPd Banten yang selalu mengadakan kegiatan dalam rangka memajukan akuntan di Banten khususnya dan Umumnya di Indonesia. Kedepan saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini sebaiknya rutin untuk diadakan,” jelas Hamdan menutup sambutannya.

Dalam materinya Prof. Dr. Dra. Hj. Dian Agustia, M.Si, Ak,. CA,. CMA,. CSRS yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga sekaligus Ketua IAI KAPd Jawa Timur menyampaikan susi terkait apakah Revolusi Industri 4.O akan menjadi ancaman bagi Profesi Akuntan nantinya.

“Karena revolusi industri merupakan perubahan sebuah ekonomi yang mudah kepada satu bentuk ekonomi yang komplek, oleh karena itu (1) Perlu Peningkatan Kompetensi Auditor/Akuntan dengan cara Melengkapi Pemahaman Keuangan yang kuat dengan keahlian dalam menggunakan analitik data dan menginterprestasikan Big Data, (2) Akuntan Harus mampu Menganilisis mengidentifikasi lingkungan persaingan dengan menggunakan analitik big data, data tidak terstrukur, (3) Akuntan Mampu menganalisis kinerja non keuangan bagi stakeholders, dengan data tidak terstruktur, (4) Akuntan mampu mengidentifikasi faktor faktor kompetitif kunci perusahaan, memilih ukuran yang tepat dari faktor faktor tersebut dan secara efektif mengkomunikasikan informasi,” jelas Dian Agustia di hadapan para peserta seminar.

Dalam pemaparannya, Ahalik, SE,.M.Si,. M.Ak,. CA,. CMA,. CPSAk,. CPA,. CA,. DipIFR,. CIBA,. CBV yang merupakan Akademisi Kalbis Institute menyampaikan bahwa Indonesia saat ini masih kekurangan banyak akuntan, “Bangsa Indonesia masih kekurangan banyak Akuntan, padahal peluang pekerjaan nya luar biasa banyaknya, bahkan kedepan diperlukan Profesi Komite Audit, dan Reviewer atas Penerapan Prinsip Kehati-hatian dalam Pengelolaan Utang Luar Negeri,” papar Ahalik.

Ahalik berharap Akuntan dapat menangkap kebutuhan pasar, “jadi intinya Akuntan Jaman Now harus dapat menangkap pasar pasar dan jangan berdiam diri disatu tempat,” pungkas Pimpinan KJA, Trainer, dan Penulis Buku ini.

Roza Mulyadi, SE,. Ak,. M.Akt,. CIBA,. ACPA,. CSRS Ketau IAI KAPd Banten mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak hingga terselanggaranya kegiatan ini.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, insya allah bulan depan IAI KAPd Banten akan menyelenggarakan kembali kegiatan seminar, oleh karena itu IAI KAPd Banten berharap agar semua pihak dapat berpartisipasi kembali dalam kegiatan yang akan digelar nantinya,” pungkas Roza.