Serang,- Pemerintah Kota Serang Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang melakukan kegiatan Rapat Koordinasi Pembentukan E-Jurnal & E-Magazine Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se-Kota Serang.

Acara tersebut bertempat di KIM Taman Kreatif Pipitan, Rabu (10/7) dan dihadiri oleh Kabid Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik Wiwi Laras Wijayanti, Kasi Pengembangan Integritas Aplikasi Ahmed Beiruni, beserta pegiat KIM Se-Kota Serang.

Dengan adanya Rapat Koordinasi tersebut, Dinas Kominfo Kota Serang bersepakat dengan adanya kerja sama antar KIM dan agar berkembangnya Pembentukan E-Jurnal & E-Magazine KIM di Kota Serang menjadi semakin mempererat kerjasama Pemerintah Kota Serang yang diwakili oleh Diskominfo bekerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang mewakili masyarakat Kota Serang yang tersebar di enam kecamatan di Kota Serang.

kim 2

Kabid yang akrab disapa Bunda Wiwi ini berharap, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) agar bisa berkembang dengan berbagai inovasinya, dan dengan banyaknya kelompok KIM  maka Kota Serang akan semakin lebih baik sehingga program Kota Serang Smart City dapat terwujud.

Gunawan, Ketua KIM Multimedia menyambut baik program yang dicanangkan oleh Diskominfo Kota Serang tersebut, karena bisa memfasilitasi masyarakat untuk memberikan dan mengabarkan informasi yang terjadi ditengah-tengah masyarakat, juga sebagai bentuk penangkalan terhadap berita hoax yang seringkali beredar ditengah masyarakat, “kami berharap program ini dapat menjadi ruang informasi yang dapat dimaksimalkan oleh seluruh masyarakat untuk memberikan informasi yang benar dan terverifikasi langsung dari sumbernya,” jelas Gunawan.

Salah satu program yang turut didiskusikan adalah rencana penerbitan e-jurnal dan e-magazine sebagai bentuk inovasi Pemerintah daerah kota serang dalam membuka kesempatan dan memberi wadah pemberitaan dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat.

Akhyadi, Ketua KIM Taman Kreatif Pipitan mengucapkan terimakasih karena sudah dipercaya sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan rapat koordinasi ini, selain itu Akhyadi berterimakasih atas kepercayaan Pemerintah Kota Serang kepada para pegiat KIM untuk mengelola e-jurnal dan e-magazine dan berharap dengan seringnya dilakukan sosialisasi tentang KIM diberbagai daerah di Kota Serang, maka masyarakat akan dapat saling bertukar informasi tentang keadaan dan potensi didaerahnya masing-masing.

“Mewakili Masyarakat, kami berterimakasih atas atensi dan dukungan Pemerintah kota Serang yang sudah memberikan ruang bagi KIM dalam mengembangkan fungsinya sebagai agen penyebarluasan informasi melalui Pewarta Warga yang hasil pemberitaannya nanti akan ditayanngkan melalui media elektronik resmi Pemerintah Kota Serang. Harapan masyarakat yang tergabung dalam KIM semoga tujuan mewujudkan Smart City bisa sekaligus bersamaan dengan meningkatkan kecerdasan masyarakat Kota Serang,” jelas Akhyadi.

Dalam rapat yang berlangsung interaktif tersebut, para pegiat KIM terlihat antusias dan besemangat dalam memberikan masukan dan berharap agar pembentukan KIM di berbagai Kecamatan lain di Kota Serang semakin masif sehingga dapat berperan aktif dalam mengakses informasi dan menyebarluaskan informasi ke tengah-tengah masyarakat dan dengan dimaksimalkannya program tersebut, walikota bisa menyerap aspirasi dan mewadahi masyarakat dalam mengelola informasi secara cerdas dan sehat melalui pewarta warga, e-journal dan e-magazine.