Prestasi demi prestasi terus diraih Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah atas kinerjanya memimpin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Kali ini, bupati Serang perempuan pertama ini meraih Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) Award dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

Penghargaan diberikan langsung Kepala LAN RI Dr Adi Suryanto kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Gedung Makarti Bhakti Nagari Lantai II LAN, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/ 2018). Total ada 26 Bupati/Walikota yang menerima INAGARA AWARD yang dinilai berkomitmen menumbuhkembangkaninovasi di daerahnya melalalui Laboratorium Inovasi LAN.

“Penghargaan ini harus memperkuat komitmen kami di Pemkab Serang untuk terus berinovasi. Bukan hanya untuk internal aparatur, juga dalam rangka meningkatkan pelayanan serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang,” kata Tatu di Jakarta.

Perjalanan panjang dilakukan Pemkab Serang hingga meraih INAGARA Awards. Diawali penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding) antara LAN dan Pemkab Serang pada 17 Januari 2018. Kerja sama disertai dengan perjanjian tentang pelaksanaan Laboratorium Inovasi LAN.

Lima tahapan Laboratorium Inovasi telah dilakukan Pemkab Serang, mulai dari drump up, diagnose, design, deliver, dan display. Untuk tahap akhir display/pameran telah dilakukan bersamaan dengan Serang Expo 2018 di Kecamatan Cikeusal, 11 Oktober 2018 lalu. Dari hasil Laboratorium Inovasi telah dihasilkan 54 inovasi yang berasal dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Serang.

Bukan hanya penghargaan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah juga mendapatkan kesempatan dan kehormatan dari LAN untuk mengikuti program Leaderpreneurship di Singapura, 16-20 Juli 2018. Tatu merupakan salah satu dari 20 bupati/wali kota yang diundang khusus untuk mengikuti program hasil kerja sama antara LAN dan Civil Service College (CSC)/Temasek Foundation Singapore. Program Leaderpreneurship didedikasikan untuk meningkatkan layanan publik, melengkapi layanan publik di masa depan, serta diharapkan mampu berinovasi dengan teknologi.

Tatu mengapresiasi jajaran Bappeda serta OPD yang berusaha serius menciptakan inovasi daerah. Ia berharap, inovasi yang telah diciptakan terus disosialisasikan serta dijalankan dengan serius, agar benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan kinerja aparatur serta pelayanan kepada masyarakat. “Inovasi bertujuan untuk menciptakan pemerintah daerah yang efektif, maka harus dijalankan dengan baik,” ujarnya.

Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto dalam sambutannya mengapresiasi para pemimpin daerah yang menjadi pemenang Lomba Inovasi Administrasi Negara tahun 2018 dan juga bagi daerah yang berkomitmen tinggi dalam pengembangan inovasi melalui Laboratorium Inovasi binaan LAN. “Semoga semakin memperkaya perspektif dan mampu menumbuhkan semangat berkompetisi serta menjadikan inovasi sebuah gerakan masif,” ujarnya. (Adv)