Pengurus Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Provinsi Banten resmi dikukuhkan oleh Ketua Umum IDRI Pusat Ryan Kurniawan di Aula Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Kamis (29/11/2018).

Pelantikan pengurus IDRI Banten periode 2018-2022 itu dihadiri Ketua Komisi V DPRD Banten Fitron Nur Ikhsan, Ketua IDRI Banten Ahmad Rozy el Eroy, Pimpinan Perguruan tinggi Negeri dan Swasta di Banten, tokoh ulama, tokoh masyarakat, para Dosen, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini dirangkai dengan Seminar Regional dengan tema: “Quo Vadis 18 Tahun Provinsi Banten: Membangun Peran Dosen Dalam Mewujudkan Banten yang Maju dan Bermartabat”, dengan para narasumber yaitu Dewan Pendidikan Provinsi Banten Fadlullah, Peneliti BIRD Banten Boyke Pribadi, Ketua Komisi V DPRD Banten Fitron Nur Ikhsan, Kabid Kebijakan Publik IDRI Banten Eko Supriatno, dan dimoderatori oleh Zainal Abidin.

Ahmad Rozy El Eroy, Ketua IDRI Banten dalam sambutannya menjelaskan bahwa hadirnya IDRI di Banten untuk menjembatani berbagai harapan Dosen di Provinsi Banten terkait dengan aspek Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, serta karir Dosen. Selain itu IDRI juga akan menjadi mitra pemerintah dalam mengawal pembangunan di Provinsi Banten.

Dalan sambutannya, Ketua Komisi V DPRD Provinsi Banten Fitron Nur Ikhsan meyakini bahwa IDRI Provinsi Banten akan mampu menggali aspek-aspek yang ada di Banten sehingga dapat menjadi mitra Pemerintah Provinsi Banten dalam banyak aspek yang salah satunya berupa naskah akademik, yang selama ini masih menggunakan jasa para akademisi dari luar Banten, dan diharapkan mampu memberikan kontribusi yang baik dalam pembangunan di Provinsi Banten.

Apresiasi tinggi pun diungkapkan Ketua Umum IDRI Pusat Ryan Kurniawan terhadap kepengurusan IDRI Provinsi Banten. IDRI Banten menjadi Provinsi Pertama yang dikukuhkan dari 26 provinsi se-Indonesia yang kemudian akan disusul oleh Jakarta dan provinsi-provinsi lain.

Ia yakin IDRI Provinsi Banten mampu memberikan kontribusi berupa ide, gagasan, dan berbagai peluang dalam memperjuangkan hak-hak Dosen di Provinsi Banten. Selain itu menjadi motor penggerak dan mitra pemerintah dalam pembangunan secara berkelanjutan bagi Provinsi Banteni Banten

Kepada jajaran pengurus baru, Ryan berpesan agar kehadiran IDRI di Banten bisa dirasakan oleh para Dosen dengan turut aktif memajukan peran Dosen terkait Tri Darma Perguruan Tinggi di Banten.

Pada kesempatan ini juga dilakukan prosesi lounching Buku IDRI: Quo Vadis 18 Tahun Provinsi Banten Menghadapi Revolusi Industri 4.0. (gun)