Bertempat di Kiara Mansion Walantaka, ISEI (ikatan Sarjana Ekonomi se Indonesia) Cabang Serang Banten (14/12/2018) mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Berputasi Internasional. Kegiatan diikuti oleh 30 anggota ISEI yang sebagian besarnya adalah para Dosen-dosen ekonomi di berbagai perguruan tinggi Negeri dan Swasta di Banten, dan hadir pula peserta utusan dari perwakilan Bank Indonesia Wilayah Banten.

Hadir dalam kesempatan kegiatan tersebut adalah, HER. Taufik, PH.d selaku Ketua ISEI Cabang Serang Banten, Prof. Tb. Ismail, SE, M.Ak, CA yang didaulat sebagai narasumber dalam kegiatan bimtek. Dan hadir pula Dr. H. Fauji Sanusi, MM selaku Dekan FEB Untirta yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan bimtek.

Dalam sambutan pembuka, Ketua ISEI Banten menyatakan bahwa ISEI adalah organisasi profesi yang menghimpun para sarjana ekonomi yang berdomisili di Banten. Kegiatan bimtek ini dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi pengurus dan anggota ISEI Banten, sekaligus pembagian secara resmi Kartu keanggotaan ISEI. Menurut HER Taufuik, “Silaturahmi antar anggota ISEI dipandang penting untuk membangun kebersamaan dan kolektifitas anggota dalam meningkatkan kapasitas profesi yang digeluti.”

Dalam kesempatan ini, Silaturahmi anggota ISEi dirangkai dengan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Bereputasi Internasional, Hal ini dimaksudkan untuk memberikan bekal penegatahuan Dosen khususnya untuk dapat menulis artikel bereputasi internasional yang saat ini sangat membantu dalam peningkatan mutu perguruan tinggi.

Dalam kesempatan lain, Dr. Fauji Sanusi selaku Dekan FEB Untirta menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh ISEI Cabang Serang, dan berharap kegiatan-kegiatan semacam ini menjadi perhatian bagi ISEI yang notabene anggotanya banyak berasal dari kalangan Dosen. Menurut Fauji Sanusi, “ saat ini dosen masih banyak yang terjebak dengan kenyamanan dalam melakukan pengajarn, sementara aspek penelitian dan pengabdiannya kepada masyarakat masih dirasa kurang. Melalui kegiatan ini, diharapkan Dosen-dosen di Banten dapat termotivasi untuk melakukan riset-riset yang terpublikasi di Jurnal Internasional.”

Sementara Prof. Dr. Tb. Ismail selaku Pemateri dalam pengantar Bimtek mengatakan Saat ini, salah satu poin penting dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi oleh dosen adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikiran serta analisisnya tersebut. Kinerja dosen yang selanjutnya menjadi kinerja jurusan, fakultas dan perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh seberapa luas dan berkualitasnya publikasi para dosen tetapnya.
Tuntutan publikasi yang dilakukan komunitas akademik Perguruan Tinggi memberikan dampak yang cukup besar terhadap kesadaran para dosen pentingnya melakukan kajian, penelitian serta menulis karya ilmiah. Diharapkan dengan kegaitan Bimtek ini Dosen tentunya semakin besar tuntutannya untuk aktif menulis di jurnal ilmiah baik di tingkat nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi. (aer)