Serang – Lili, 50 tahun, pedagang peci keliling yang biasa mangkal di emperan Masjid Al-Bantani di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), ketiban rezeki di bulan Ramadan. Jemaah masjid tersebut menyerbu dagangan peci miliknya usai salat Zuhur di Serang, Senin, 20 Mei 2019.

Jemaah mengerumuni pedagang peci keliling itu setelah mendapat komando dari Gubernur Banten Wahidin Halim secara tiba-tiba. Ternyata para jemaah Masjid Al Bantani dipersilakan mengambil peci dagangan Lili. Peci yang diambil para jemaah akan dibayar Wahidin.

Karena melihat ramai kerumunan di tukang peci, maka secara spontan jamaah lainnya yang baru keluar masjid tersebut langsung mengerumuni pedagang peci. Mereka memilih peci sesuai dengan ukuran dan seleranya dan kemudian mendaftarkannya untuk dicatat.

“Alhamdulillah Ya Allah ada rezeki saya hari ini melalui pak gubernur,” kata Lili dengan raut muka bahagia.

Tidak lebih dari satu jam, sebanyak 225 peci berbagai ukuran dan harga bervariasu mulai Rp 20 ribu, Rp 25 ribu, Rp 30 ribu, hingga Rp60 ribu habis terjual. Lili pun mengaku bahagia karena dagangannya laku keras dengan tidak membutuhkan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu.

“Biasanya saya rata-rata sehari jualan di sini paling mendapatkan uang 250 sampai 300 ribu sehari,” kata pedagang peci asal Baro Kabupaten Serang tersebut.

Namun wasilah dari Gubernur Banten, kata dia, hanya sekitar 30 menit sebanyak 225 peci terjual kepada jamaah masjid Al Bantani serta masyarakat yang kebetulan sedang berada di masjid tersebut.

Jamaah yang hadir di masjid tersebut mengaku senang dengan mendapatkan peci gratis yang dibayarkan Wahidin Halim.

“Alhamdulillah mudah-mudahan menjadi berkah. Lumayan saja meskipun nilainya tidak seberapa, kan dikasih gratisan,” kata Nasrudin salah seorang jamaah Masjid Al-Bantani. (Antara/Sir)