Nekat Mudik, Siap-siap Putar Balik hingga Tilang

0
106
Foto: Net

Serang – Pemerintah telah resmi mengeluarkan larangan mudik 2021 mulai tanggal 6-17 Mei 2021. “Petugas akan berjaga, tidak hanya di jalan tikus, tapi juga jalan semut akan kami jaga,” ujar Kasi Dikmas Ditlantas Polda Banten, Ajun Komisaris Polisi Tri Sutrisno Selasa, 20 April 2021.

Pemerintah memutuskan larangan mudik berlaku mulai 6 hingga 17 Mei 2021. Larangan dikecualikan bagi aparatur sipil negara atau ASN, pegawai BUMN/BUMD, Polri, TNI, dan pegawai swasta yang memiliki kepentingan pekerjaan. Kelompok ini harus mengantongi surat tugas dengan tanda tangan basah serta cap basah dari pimpinannya.

Kelompok lain yang boleh melakukan perjalanan adalah masyarakat yang memiliki keperluan kunjungan terhadap keluarga sakit maupun kunjungan duka anggota keluarga meninggal. Kemudian ibu hamil juga diizinkan melakukan perjalanan dengan satu orang pendamping.

Tri menegaskan, untuk masyarakat yang masih nekat melakukan mudik di tanggal 6-17 Mei 2021 pihaknya akan memutar balik pemudik. “Jika masih ngeyel, akan kami lakukan tindakan tilang atau penyitaan kendaraan,” ujar Tri Sutrisno.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim memastikan bahwa Pemprov Banten akan taat terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, termasuk soal larangan mudik lebaran 2021. “Sebagai Pemerintah Daerah kita ikuti. Kita taat pada kebijakan larangan mudik Pemerintah Pusat. Mudik Lebaran 2021 dilarang ya kita ikuti,” ujar Wahidin. (Jat/Red)