Serang – Gubernur Banten Wahidin Halim menyumbangkan tunjangannya sebagai kepala daerah senilai Rp50 juta per bulan untuk penanganan virus korona atau Covid-19. Hal yang sama juga dilakukan oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy yang menyumbang Rp35 juta dari tunjangannya selama empat bulan ke depan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin mengatakan, sumbangan tunjangan kinerja (tukin) telah disepakati antar organisasi perangkat daerah (OPD). Besaran tunjangan bervariasi tergantung jabatan yang diduduki masing-masiing ASN di lingkup Pemprov Banten.

“Eselon I 12 persen, eselon II 10 persen, eselon III 8 persen, eselon IV 6 persen, fungsional 4 persen dan staf di luar guru 2,5 persen, sementara guru 1 persen,” ujarnya.

Mantan Penjabat (Pj) Bupati Tangerang itu menuturkan, selain ASN hal yang sama juga dilakukan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. Gubernur sendiri akan menyumbangkan tunjangannya sebagai kepala daerah senilai Rp50 juta. Tunjangan kepala daerah maupun ASN itu akan dikumpulkan selama empat bulan.

“Disepakati empat bulan, ASN dapat tukin penuh karena sesuai pergub (peraturan gubernur) dalam situasi tertentu atau penugasan khusus tukin bisa diberikan penuh. Salah satunya adalah saat bencana, sekarang ini kan bencana non alam,” katanya.

Sumbangan yang terkumpul, kata dia, diperuntukan bagi program pencegahan dan penanganan virus korona di Banten. Dana itu akan dikoordinir oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Banten.

“Dimasukan ke rekening khusus sumbangan untuk yang bencana ini. Penggunaan nanti terserah di tim gugus tugas itu. Kegiatan ini tidak hanya ditujukan ke ASN, ini juga untuk menginspirasi pihak lain ikut menyumbang,” ungkapnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan, sumbangan dari ASN merupakan arahan dari gubernur. Tukin yang akan disumbangkan adalah selama empat bulan dari Maret hingga Juni. Hal yang sama dilakukan oleh gubernur dengan besaran Rp50 juta dan wakil gubernur Rp35 juta.

“Sudah dibahas di seluruh level OPD. Kita mensupport arahan dari gubernur. Sumbangan ini akan kita donasikan untuk penanganan Covid-19,” tuturnya. (Den/Rmd*)