Kota Cilegon Kembali Zona Merah Covid-19, Ini Kata Dinkes Banten

0
25

Serang – Kota Cilegon kembali masuk zona merah penyebaran Covid-19, Senin, 16 November 2020. Padahal, Kota Cilegon sebelumnya telah berhasil keluar dari zona merah Covid-19 pada Senin, 12 Oktober 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji mengungkap ada beberapa factor yang menjadi penyebab Kota Cilegon kembali berada di zona merah Covid-19. Pertama, dampak dari libur panjang yang kurang disiplin protokol kesehatan. Kedua, dibukanya kegiatan yang mengakibatkan kerumunan tanpa protokol kesehatan seperti Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor.

“Belum massifnya penegakan protokol kesehatan di setiap tempat umum, perkantoran, pariwisata dan dunia usaha,” kata Ati.

Ati menyinggung soal penyelenggaraan CFD di Kota Cilegon. Menurutnya, Dinkes Banten memberikan teguran agar kegiatan yang memicu kerumumunan seperti CFD dihentikan. “Kami sampaikan melalui Dinkes Kota Cilegon. Apalagi Kota Cilegon kembali ke zona merah,” ujarnya.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Banten ini mengatakan, sebelumnya CFD di Kota Cilegon sempat dihentikan. Namun belakangan kembali dibuka. “Kota Cilegon beberapa bulan sempat setop CFD namun minggu-minggu ini buka kembali,” ujarnya.

Seperti yang dikhawatirkan sebelumnya, libur panjang menyebabkan lonjakan kasus baru positif COVID-19. “Satgas Covid masih mengikuti perkembangan sampai satu minggu ke depan ini,” katanya. (**)