Bupati Lebak Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 kepada Warga Badui

0
75
Foto: Net

Lebak – Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten mensosialisasikan program vaksinasi COVID-19 di permukiman kawasan masyarakat Badui Dalam dan Badui Luar. “Kami yakin masyarakat Badui menerima program pemerintah itu,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya seperti dikutip dari Antaranews.com Senin, 22 Maret 2021.

Iti takin masyarakat Badui baik Badi Dalam (pakaian putih-putih) dan Badui Luar (pakaian hitam-hitam) akan menerima vaksinasi dari pemerintah. Ia mengatakan kegiatan sosialisasi di permukiman adat masyarakat Badui itu bertujuan agar Indonesia cepat terbebas dari COVID-19. “Jika kita terbebas COVID-19 dipastikan laju pertumbuhan ekonomi kembali normal,” katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah mengapresiasi selama ini warga Badui Dalam dan Badui Luar tidak ditemukan terpapar positif COVID-19, bahkan mereka saat ini menerapkan lockdown atau tertutup bagi pendatang memasuki Bulan Kawalu atau Bulan Larangan.

Selama Bulan Kawalu itu, kata dia, tentu warga Badui tidak boleh ke luar daerah juga sebaliknya kawasan permukiman Badui menolak wisatawan. Namun, Pemkab Lebak mensosialisasi vaksinasi itu dengan pendekatan persuasif agar mereka menerima pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga.

Bupati mengatakan, pemerintah daerah dan pusat dalam melaksanakan vaksinasi itu tentu terlebih dahulu meminta izin dan kesepakatan tokoh adat Badui. Sebab, masyarakat Badui itu harus ada keputusan kebijakan dari para pemuka dan tokoh adat yang dianutnya. “Kami berharap warga Badui menerima program pemerintah itu,” katanya. (Antara/Red)