Serang – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Kabupaten Serang, Banten menargetkan, menerbitkan 58.900 sertifikat gratis bagi warga Kabupaten Serang pada 2019.

Kepala BPN Kantor Kabupaten Serang Teguh W menjelaskan, tahun ini target Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Serang ditarget mencapai 58.900. Pihaknya terus berupaya, agar masyarakat dapat memanfaatkan Program BPN tersebut. “Target itu harus kami kejar, supaya masyarakat juga dapat memanfaatkan program kami ini,” katanya Sabtu, 11 Mei 2019.

Menurut Teguh, di Kabupaten Serang terdapat beberapa kecamatan, yaitu Pamarayan, Petir, dan Baros. Dari tiga kecamatan tersebut, tanah yang diukur untuk Program PTSL atau sertifikat tanah gratis, yaitu berada di 23 desa. Hingga kini juga proses pengukuran masih berjalan. “Mudah-mudahan targetnya ini terealisasi. Kalau tahun lalu realisasinya sudah 100 persen,” ujarnya.

Ia menuturkan, ada 4 klaster untuk Program PTSL. Kelas 1 output-nya adalah sertifikat, kelas 2 belum sertifikat, karena tanahnya ada masalah, sehingga output-nya data bidang tanah. Kemudian, kelas 3 produknya peta bidang tanah plus daftar tanah dan kelas 4 perbaikan data. “Jadi, produknya peta bidang tanah dan perbaikan data terhadap posisi sertifikat tahun sebelumnya yang belum terpetakan,” katanya.  (Kb/Sir)