Bapenda Banten Terus Permudah Pembayaran Pajak

0
64
Kepala Bapenda Banten Opar Sohari saat melakukan penelusuran kendaraan penunggak pajak ke rumah warga. (Foto: Ist)

Banten – Pajak masih menjadi sektor andalan penyumbang Pendapatan Aseli Daerah (PAD) Provinsi Banten, karena itu, terealisasinya target PAD bergantung pada realisasi target pajak, baik Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), maupun pajak lainnya.

Menyadari hal itu, Badan pendapatan Daerah provinsi Banten terus gencar melakukan upaya-upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh membayar pajak tahunan tepat pada waktunya.

Upaya-upaya itu dilakukan melalui berbagai program baik dalam bentuk sosialisasi maupun program-program yang bersifat memudahkan pelayanan pajak bagi seluruh wajib pajak.

Foto: Ist

“Pendapatan daerah penentu bagaimana program pembangunan berjalan, karena itu peran serta masyarakat melalui pembayaran pajak berpengaruh terhadap proses pembangunan di daerah,” ujar Kepala Bapenda Banten Opar Sohari.

Adapun program memudahkan pelayanan pajak diantarnya yaitu memperbanyak Samsat keliling (Samling) dan pendirian gerai-gerai samsat. Kemudian program lainnya adalah Samsat Online melalui bank dan aplikasi Samsat Banten Hebat (Sambat).

Menurutnya, dengan adanya gerai yang tersebar di sejumlah kecamatan dan Samling bisa membuat akses masyarakat wajib pajak lebih dekat sehingga bisa mendorong tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak setiap tahunnya. (Adv)