Chiki Ngebul

Tangerang – Antisipasi dampak konsumsi jajanan yang mengandung nitrogen cair (LN2) yang berdampak pada kesehatan anak atau pemakan jajan tersebut. Kini menjadi perhatian khusus dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Meski belum ada laporan resmi yang di terima Dinas Kesehatan, namun marak peristiwa atau adanya korban yang dilarikan ke sejumlah fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit dan Puskesmas di beberapa daerah, menjadi kewaspadaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang sebagai dinas yang bersinggungan langsung dengan hal tersebut, menghimbau warga untuk menghindari dan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung nitrogen cair (LN2) seperti “Chiki Ngebul” menyusul adanya kasus keracunan di beberapa daerah.

“Kami mengimbau masyarakat Kabupaten Tangerang lebih waspada dalam membeli makanan. Terutama orang tua memperketat dan mengawasi anak-anaknya dalam membeli makanan yang mengandung “Chiki Ngebul”,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr. Muhammad Faridzi Fikri, MKM, Rabu, 16 Januari 2023.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi dan meminimalisir adanya kasus keracunan dari dampak makanan mengandung LN2 ini, pihaknya berkoordinasi dengan seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Tangerang baik rumah sakit umum daerah (RSUD) maupun Puskesmas agar meningkatkan pengawasan.

Pengawasan resmi terkait peredaran Chiki Ngebul, Dinas Kesehatan sudah mengeluarkan Surat Edaran terkait pengawsan lapangan, surat edaran bernomor 442.5/405/DINKES/2023.

“Antisipasi temuan kasus itu, kami sudah berkoordinasi dengan seluruh Puskesmas agar meningkatkan pengawasan terhadap edaran jajanan-jajanan anak di sekolah yang mengandung LN2,” katanya.

Ia mengatakan dalam peningkatan pengawasan dan penerbitan surat edaran ini juga merupakan tindak lanjut dari surat Kementerian Kesehatan RI, SR:01.07/111.5/67/2023 tanggal 3 Januari 2023, perihal kedaruratan medis dalam penggunaan nitrogen cair pada makanan.

Berikut adalah tips pertolongan pertama dampak Chiki Ngebul

Sebelum kita bicara penangan korban Chiki Ngebul, kita harus mengerti apa itu Chiki Ngebul yang tengah hits dan viral

Apa itu Chiki Ngebul? Chiki ngebul merupakan jajanan kekinian yang banyak di jual dan dicari karena keunikannya.

Saat dikonsumsi chiki ngebul dapat mengeluarkan asap yang berasal dari Nitrogen Cair atau liquid nitrogen yaitu nitrogen yang berada dalam kondisi cair pada suhu yang sangat rendah.

Pertolongan Pertama Jika Terjadi Kegawatdaruratan! Pertama : Perbanyak minum air putih setelah makan chiki ngebul, Kedua : Segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Bahaya Chiki NgebulMenyebabkan radang dingin dan luka bakar pada kulit, tenggorokan dan organ pencernaan lainnya. Mual, pusing muntah dan keracunan.

Jika menghirup terlalu banyak nitrogen dapat memicu kesulitan bernapas yang cukup parah. (ADV)