Ini 6 Olahraga yang Signifikan Turunkan Berat Badan

0
35
Foto: Net

Sigmainteraktif.com – Menurunkan berat badan tak cukup hanya dengan diet, tapi perlu dibarengi olahraga yang cocok untuk program penurunan berat badan. Berikut enam jenis olahraga yang bagus untuk menurunkan berat badan, apa saja?

  1. Berenang
    Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat 155 pon (70 kg) dapat terbakar kalorinya sekitar 233 per setengah jam berenang. Per 30 menit, seseorang dengan berat pon 70 kg membakar 298 kalori untuk gaya punggung, 372 kalori untuk gaya dada, 409 kalori untuk gaya kupu-kupu, dan 372 kalori ketika bergerak di air.

Studi lain yang melibatkan 24 wanita paruh baya menemukan bahwa renang selama 60 menit 3 kali per minggu secara signifikan mengurangi lemak tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, termasuk tinggi kolesterol total dan trigliserida darah.

  1. Latihan beban
    Masih berdasar Harvard Health, latihan beban diperkirakan mampu membakar 112 kalori per 30 menit latihan untuk orang dengan berat 70 kg. Selain itu, latihan beban dapat membantu membangun kekuatan dan meningkatkan pertumbuhan otot, yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme istirahat (RMR), atau jumlah kalori yang dibakar tubuh saat istirahat.

Satu studi lain 6 menunjukkan bahwa hanya melakukan 11 menit latihan berbasis kekuatan 3 kali per minggu menghasilkan peningkatan rata-rata 7,4 persen dalam tingkat metabolisme. Dalam penelitian ini, peningkatan setara dengan membakar tambahan 125 kalori per hari.

  1. Pilates
    Melansir Healthline pada situsnya healthline.com, pilates merupakan latihan bagi pemula yang dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut sebuah studi yang disponsori oleh American Council on Exercise, orang dengan berat sekitar 140 pon (64 kg) akan terbakar kalorinya sebanyak 108 saat 30 menit melakukan pilates.

Selain penurunan berat badan, pilates telah terbukti mengurangi nyeri punggung bawah dan meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, daya tahan, dan tingkat kebugaran secara keseluruhan.

  1. Memanjat tangga
    Olahraga murah dan serbaguna lainnya untuk menurunkan berat badan adalah memanjat tangga.

Mengutip Web MD pada situs webmd.com, menaiki dua tangga setiap hari dapat menyebabkan penurunan berat badan 6 pon dalam setahun. Ini juga dapat menambah jumlah kolesterol baik dalam darah dan membantu menjaga kesehatan sendi, otot, dan tulang.

  1. Yoga
    Yoga merupakan latihan yang menggabungkan aktivitas fisik dan meditasi. Ia merupakan cara yang populer untuk melatih perhatian setelah seharian bekerja.

Penelitian menunjukkan bahwa seiring waktu, orang kelebihan berat badan yang melakukan yoga setidaknya sekali seminggu selama 30 menit dapat membantu penurunan berat badan dan memiliki BMI yang lebih rendah.

  1. Bersepeda
    Kembali mengutip Web MD, bersepeda merupakan salah satu olahraga mudah dan menyenangkan yang dapat membantu penurunan berat badan. Dengan bersepeda, seseorang dapat membakar sekitar 400 sampai 750 kalori per jam, tergantung pada berat badan, seberapa cepat mengayuh, dan jenis bersepeda apa yang lakukan. (Sumber: Tempo.co)
https://gaya.tempo.co/read/1531821/6-olahraga-yang-signifikan-turunkan-berat-badan-selain-berenang-apa-lagi/full&view=ok