5 Tips Mengatasi Cemburu Berlebihan setelah Menikah

0
34
ilustrasi: Net

Sigmainteraktif.com – Cemburu dalam hubungan adalah hal yang wajar. Itu juga sering terjadi pada pasangan yang sudah menikah. Tapi jika cemburunya keterlaluan, hubungan jadi lebih sulit.

Kecemburuan terdiri dari dua jenis: sehat dan tidak sehat. Jika pernikahan memiliki kecemburuan yang tidak sehat yang hanya memancarkan hal-hal negatif, maka tips ini dapat membantu menghadapinya.

  1. Cari akar masalah

Jika kecemburuan itu kuat, hal terpenting adalah mengetahui akar masalahnya. Perasaan ini kebanyakan muncul hanya ketika ada rasa tidak aman dan juga tanggung jawab pasangan untuk membuat pasangannya merasa aman.

  1. Bangun kepercayaan

Hal ini sangat penting dan dasar dari hubungan apapun, membangun kepercayaan untuk menjalankan hubungan yang sehat. Jangan berbohong tentang hal-hal kecil seperti sedang berada di mana dan sedang melakukan apa. Ketika berbohong tentang hal-hal kecil ini dan pasangan mengetahuinya maka kepercayaan akan hilang.

  1. Keterikatan

Membangun keterikatan yang sehat diperlukan. Caranya adalah dengan menghabiskan waktu bersama, menjalin ikatan, menunjukkan kasih sayang.

  1. Jangan kasar

Pasangan cemburu itu ada baiknya, tapi apakah itu menyebabkan perilaku kasar? Jika ya, saatnya untuk mencatatnya. Kemarahan yang ekstrem, harapan yang tidak realistis, dan tidak adil tentu tidak diinginkan pasangan. Jika tidak ditangani, hubungan akan jadi rusak.

  1. Mengatasi masalah

Kecemburuan harus diatasi sendiri dulu. Mulailah dengan menerima kenyataan bahwa itu membuat luka dalam pernikahan. Tahan diri untuk memata-matai dan berbicara pada pasangan dengan pikiran dingin. Pahami bahwa setiap orang tidak dapat mengontrol pasangan, tapi perlu ditetapkan batasan yang sesuai untuk masing-masing orang. (Sumber: Tempo.co)

https://cantik.tempo.co/read/1529927/5-tips-mengatasi-cemburu-berlebihan-setelah-menikah