Bupati Tangerang Pimpin Sidang Munas V APKASI

0
63
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memimpin sidang pleno Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2021 di Istana Negara Jakarta Jum’at, 26 Maret 2021

Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memimpin sidang pleno Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2021 di Istana Negara Jakarta Jum’at, 26 Maret 2021. Munas digelar secara virtual dan sebagian peserta yang secara langsung hadir Di Hotel Indonesia Kempinski, menerapkan protokol kesehatan.

Pembukaan Munas V Apkasi 2021 diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mengusung tema “Penguatan Kapasitas Daerah Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi COVID-19 Melalui Kolaborasi Pusat, Daerah dan Swasta dengan Dukungan Kebijakan yang Berpihak”.

Dalam sambutanya, Presiden mengingatkan para bupati untuk melakukan konsolidasi anggaran. Menurut Jokowi, untuk kesuksesan pembangunan kabupaten dan koneksi antardaerah, ada berbagai program yang dapat dilakukan, terutama memastikan konsolidasi anggaran di pemerintahan agar dapat dipergunakan semaksimal mungkin.

Selain itu, Jokowi juga meminta para bupati memiliki skala prioritas dalam menggunakan APBD. Menurut Presiden Jokowi, pemerintah Kabupaten juga harus melakukan perencanaan yang matang. Hal ini sejalan dengan rencana Apkasi membangun cetak biru pembangunan kabupaten yang memetakan permasalahan dan potensi agar perencanaan pembangunan matang terlaksana.

“Kita juga akan fokus dalam penanganan pandemi COVID-19 yang belum berakhir, dengan memperkuat testing, tracing, dan treatment. Dan yang juga amat penting adalah mempercepat program vaksinasi di seluruh kabupaten di Indonesia,” ujarnya.

Ketua Umum Apkasi Demisioner, Abdullah Azwar Anas menyampaikan kegiatan munas ini telah didahului dengan sesi Pra-Munas, sejumlah pembahasan dilakukan. Di antaranya upaya percepatan pemulihan ekonomi daerah melalui pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ketua Apkasi juga menyampaikan bahwa para bupati seluruh Indonesia berkomitmen mengoptimalkan APBD sebagai instrumen fiskal untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional yakni dengan lebih banyak menerapkan pendekatan demand site dengan APBD yang menstimulasi konsumsi belanja rumah tangga warga.

Dalam sidang pleno yang dipimpin Bupati Zaki tersebut, menghasilkan ketua Baru Apkasi, yakni Bupati Dharmasraya Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, resmi terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) periode 2021-2026 menggantikan posisi Mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Di sela-sela acara tersebut, Bupati Zaki mengucapkan selamat kepada ketua Apkasi yang baru, semoga ketua yang baru bisa meneruskan perjuangan pengurus sebelumnya, dan kepada pengurus dan ketua yang lama Ia mengucapkan terimakasih atas sumbangsih selama ini kepada Apkasi.

“Diharapkan ketua yang baru bisa meneruskan perjuangan yang sebelumnya, yang terpenting adalah bisa membawa dan memperjuangkan rekomendasi dari hasil Munas V Apkasi sesuai dengan harapan para Anggota dan pengurus Apkasi,” ujar Zaki.

Untuk diketahui, Apkasi yang merupakan wadah pemerintah kabupaten, dan memiliki anggota sebanyak 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia. Apkasi memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten. (Mar/Red*)