Ini Bagian Mobil yang Perlu Diperiksa saat Musim Hujan

0
189

Sigmainteraktif.com – Memasuki musim hujan, pemilik kendaraan perlu menaruh perhatian lebih pada sejumlah bagian mobil. Pasalnya, saat musim hujan akan ada sejumlah bagian mobil yang mengalami penurunan performa dan perlu diperiksa secara berkala.

“Sedia payung sebelum hujan, ada baiknya kita lakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan saat memasuki musim hujan,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, seperti dikutip dari Tempo.co, Senin, 6 Desember 2021.

Berikut adalah daftar komponen mobil yang perlu diperiksa dan dirawat saat musim hujan.

  1. Ban
    Saat musim hujan, kondisi ban mobil akan mengalami penurunan kinerja, apalagi saat musim hujan kondisi jalanan menjadi licin. Lakukan pengecekan kondisi ban mulai dari tekanan ban hingga ketebalan telapak ban dan alur ban. Kedmudian jangan lupa untuk membersihkan alur ban dari kerikil dan periksa dinding ban dari potensi sobek atau benjol.
  2. Kaki-kaki

Kaki-kaki mobil juga perlu diperiksa, khususnya di bagian karet bushing shock absorber. Apabila bagian tersebut mengalami kerusakan seperti sobek atau pecah, maka dapat mempengaruhi kendali mobil. Kemudian jangan lupa untuk melakukan spooring dan balancing agar kondisi ban dan kaki-kaki tetap terjaga.

  1. Wiper
    Pastikan kondisi karet wiper tidak getas karena hal tersebut dapat membuat wiper tidak dapat menyapu air dengan optimal dan dapat menimbulkan baret pada kaca. Segera ganti karet wiper yang getas dan juga isi cairan pembersih kaca.
  2. Rem
    Saat kondisi jalanan licin ketika musim hujan, rem akan bekerja lebih keras dari biasanya. Pastikan kampas rem dan cakram masih dalam kondisi baik serta tidak ada kebocoran pada sistem rem. Kemudian isi kembali minyak rem yang sudah habis dan kuras tabung minyak rem jika dibutuhkan.
  3. Kelistrikan dan Lampu
    Saat musim hujan, kinerja kelistrikan mobil menjadi lebih berat karena harus mendukung fungsi AC, wiper, audio, dan lampu secara bersamaan. Lakukan pemeriksaan pada sistem kelistrikan seperti aki, alternator, kabel-kabel, sekering, dan konektor.

Kemudian sistem pencahayaan mobil juga perlu diperiksa. Pasalnya, saat musim hujan fungsi lampu sangat penting apalagi dalam kondisi hujan deras dan saat malam hari. Pastikan lampu mobil tidak ada yang mati.

  1. AC dan Karet Pintu
    AC mobil harus dipastikan bekerja optimal karena memiliki fungsi untuk mendinginkan kabin dan mencegah kaca mobil berembun. Kemudian karet pintu dan jendela juga harus dipastikan tetap bagus agar air hujan tidak masuk ke dalam kabin. (Sumber: Tempo.co)

https://otomotif.tempo.co/read/1536156/ini-bagian-mobil-yang-perlu-diperiksa-saat-musim-hujan/full&view=ok