Kabupaten Tangerang Siapkan Gerai Vaksinasi di Pilkades Serentak 10 Oktober

0
27

Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten menyiapkan gerai vaksinasi pada hari pencoblosan Pilkades serentak di 77 desa 10 Oktober mendatang. “Kami targetkan tiap desa yang presentase vaksinasinya masih rendah minimal satu gerai vaksinasi,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana dikutip dari Tempo.co, Rabu 6 Oktober 2021.

Dadan mengatakan langkah ini diambil untuk memanfaatkan momentum saat warga desa memberikan suaranya, proses vaksinasi Covid-19 bisa berjalan. “Ini juga mendukung percepatan vaksinasi di Kabupaten Tangerang,” kata Dadan.

Gerai vaksinasi, kata Dadan, sepenuhnya akan diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. “Kami hanya menentukan titik gerai yang akan dipasang.”

Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang digelar 77 desa dengan 527 pemilih dan 305 pasangan calon kepala desa. Pilkades ini juga melibatkan 12 ribu panitia dan petugas pemilihan suara.

Gerai vaksin di desa diharapkan bisa mendongkrak pencapaian vaksinasi di Kabupaten Tangerang yang masih rendah. Pencapaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tangerang saat ini masih 50 persen atau 1,2 juta dari 2 juta jiwa warga yang ditargetkan divaksin. “Masih di bawah 50 persen, jadi memang kita secara prosentase dibawah 50 persen,” ujar Juru bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, Selasa 5 Oktober 2021.

Menurut Hendra, jumlah warga yang sudah vaksinasi di Kabupaten Tangerang, saat ini baru mencapai 1,2 juta penduduk. Pemerintah Kabupaten Tangerang mentargetkan 2 juta jiwa atau 70 persen warga Kabupaten Tangerang bisa divaksinasi Covid-19 pada Desember 2021.

Selama program vaksinasi Covid-19 ini berjalan, capaian terendah bagi kelompok masyarakat lanjut usia (Lansia) yang sampai saat ini baru mencapai 27 persen atau sebanyak 38 ribu jiwa dari total target 138 ribu Lansia yang harusnya menerima vaksin Covid-19 di Kabupaten Tangerang.

Menurut Hendra, ada sejumlah kendala dalam pencapaian vaksinasi itu seperti rendahnya jatah kuota vaksinasi bagi wilayah Kabupaten Tangerang. Kabupaten Tangerang menerima jatah yang sama dengan wilayah kota Tangerang dan Tangerang Selatan, yang memiliki jumlah penduduk lebih sedikit dibanding Kabupaten Tangerang.

Selain itu, banyaknya warga Kabupaten Tangerang yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di luar wilayah kabupaten. Dengan perkiraan jumlah warga yang mengikuti kegiatan vaksinasi di luar kabupaten Tangerang, sebanyak 200 ribu jiwa. “Kurang lebih 200 ribuan warga kabupaten yang disuntik di luar. Secara riil kita seharusnya sudah hampir 1,5 juta jiwa.”

Sampai saat ini sentra layanan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Tangerang, terus berjalan di 44 Puskesmas dan 22 rumah sakit di wilayah itu. Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang juga menjemput bola, dengan mendatangi masyarakat di tingkat RT dan RW dibantu bersama TNI dan Polri. (Tempo.co/Ri)

https://metro.tempo.co/read/1514268/kabupaten-tangerang-siapkan-gerai-vaksinasi-di-pilkades-serentak-10-oktober/full&view=ok