Pilkades Serentak di Kabupaten Tangerang Bisa Jadi Percontohan Nasional

0
29
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mendampingi Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Dr. Yusharto Huntoyungo memonitoring langsung pelaksanaan Pilkades serentak di Kecamatan Legok Desa Bojong Kamal, dan di Kecamatan Pagedangan, Minggu (10/10/21)

Tangerang – Pelaksanaan Pilkades serentak 77 Desa di Kabupaten Tangerang dijadikan percontohan nasional oleh Kementerian Dalam Negeri karena pelaksanaannya berada di tengah Pandemi Covid-19.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersama Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Dr. Yusharto Huntoyungo memonitoring langsung pelaksanaan Pilkades serentak di Kecamatan Legok Desa Bojong Kamal, dan di Kecamatan Pagedangan, Minggu, 10 Oktober 2021.

“Semoga Pilkades ini berjalan dengan lancar demokratis, aman dan sehat untuk masyarakat, tahun ini penyelenggaraan Pilkades serentak di tengah pandemi, terima kasih juga atas kunjungan Dirjin Pemdes, ini memberikan semangat dan motivasi kita semua,” ujar Bupati Zaki di sela-sela monitoring.

Zaki berharap juga ke depan agar senantiasa TNI Polri terus mengawal proses keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Dalam Pilkades serentak 77 Desa di Kabupaten Tangerang dapat berjalan lancar hingga akhir pelaksana, tanpa adanya kendala yang berarti. “Alhamdulillah setiap desa di Kapuaten Tangerang sudah memiliki gerai vaksinasi. Ini juga untuk membantu dan mempercepat masyarakat agar tervaksin,” katanya.

Sementara itu Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Dr. Yusharto Huntoyungo mengungkapkan, setelah sempat ditunda selama dua bulan, gelaran pemilihan demokrasi tingkat desa tersebut akhirnya digelar. Menurutnya, Kabupaten Tangerang merupakan percontohan terkait protokol kesehatan dari gelaran Pilkades di Indonesia.

“Dan dari protokol kesehatan banyak hal yang kami catat dan mudah-mudahan ini menjadi prototype pelaksanaan Pilkades di Indonesia, dimana saat ini begitu banyak varian virus corona,” ujarnya saat meninjau Pilkades di TPS 04 Desa Bojong Kamal, Kecamatan Legok.

Menurutnya, Bupati Tangerang sudah melakukan persiapan yang lebih matang untuk bisa menyelenggarakan Pilkades serentak untuk tanggal 10 Oktober 2021, dari pengamatan dan laporan yang disampaikan ada kesesuaian antara laporan yang disampaikan dengan implementasi di lapangan.

Yusharto mengatakan, Bupati Tangerang juga sudah menambah jumlah gerai vaksinasi yang menjadikan pelaksanaan pilkades ini bukan hanya melanjutkan suksesi kepemimpinan di desa tetapi juga menjadi ajang untuk melakukan vaksinasi dan memutus mata rantai Covid-19.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Tangerang yang telah mengikuti arahan dan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang semua sudah sangat baik sekali,” katanya. (Mar/Red)