Bosan di Rumah, Ini Tips Bijak Bepergian Supaya Aman dan Hemat

0
48

Sigmainteraktif.com – Pemerintah memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM pada Senin malam, 30 Agustus 2021. Kini, aturan pembatasan tersebut mulai longgar di hampir seluruh daerah. Artinya, masyarakat boleh keluar rumah atau bepergian asalkan tetap patuh protokol kesehatan dan memenuhi beberapa syarat khusus.

Salah satu syarat yang berbeda adalah memiliki sertifikat vaksinasi. Ketika hendak masuk mall, hotel, melakukan perjalanan ke luar kota, hingga mancanegara, maka sertifikat vaksinasi wajib hukumnya. Ketentuan tes Covid-19 dengan hasil negatif kini tak selalu diperlukan saat bepergian.

Saat merasa bosan di rumah, ingin menikmati suasana baru, namun masih khawatir tertular Covid-19 atau dana terbatas, coba lakukan beberapa tips berikut seperti dikutip dari Timeout:

  1. Pilih tempat liburan yang dekat dari rumah
    Kurangi risiko menghabiskan banyak waktu di jalan dan kelelahan dengan memilih tempat liburan yang dekat dari rumah. Kamu bisa staycation atau mampir ke tempat yang nyaman di sekitar kawasan aglomerasi. Dengan begitu, tak perlu repot tes Covid-19, karantina, dan lebih hemat.
  2. Perhatikan fleksibilitas waktu liburan
    Ada banyak paket liburan aman dan hemat yang ditawarkan oleh pengelola hotel atau penginapan. Kamu bisa memanfaatkan promosi, misalkan harga kamar yang lebih rendah dengan fleksibilitas waktu menginap. Kamu pesan dulu dan datang pada pekan ini atau pekan depan dalam periode tertentu. Biasanya ada banyak diskon juga dalam penawaran semacam ini.
  3. Tidak ada penalti
    Pastikan penyedia akomodasi tidak membebankan biaya penalti apabila kamu membatalkan pesanan. Jangan menghamburkan uang ratusan ribu atau jutaan rupiah untuk sesuatu yang tidak kita manfaatkan. Jadi, lebih bijak saat memilih akomodasi, waktu, dan persyaratannya.
  4. Cek bisakah uang kembali
    Jika di poin sebelumnya kamu terkena penalti saat membatalkan pemesanan akomodasi liburan, di sini berlaku sebaliknya. Apakah uang yang kamu bayarkan bisa kembali dengan utuh atau tidak apabila liburanmu batal. Tentu saja, kamu sebaiknya memilih penyedia akomodasi yang bersedia mengembalikan uangmu apabila kamu batal menggunakannya. Tetapi biasanya tidak sepenuhnya.
  5. Periksa biaya tambahan
    Ketika memilih akomodasi tertentu untuk liburan, jangan sungkan untuk bertanya sedetail mungkin tentang segala fasilitas dan pelayanan yang akan kamu terima. Kalau kamu tidak memastikan segala kebutuhan selama liburan dengan jelas, ujung-ujungnya biasanya keluar uang lagi.
  6. Pahami prosedur
    Setiap merencanakan perjalanan, pahami setiap prosedur yang harus kamu lalui. Jangan ada yang terlewat karena bisa bikin susana hati jadi tak nyaman dan berimbas pada pengeluaran. Padahal kamu liburan untuk senang-senang bukan?
  7. Asuransi perjalanan
    Khusus untuk perjalanan ke luar negeri, umumnya sejumlah negara menetapkan angka asuransi perjalanan yang berbeda. Mereka mensyaratkan ini untuk berjaga-jaga jika ada wisatawan yang positif Covid-19 dan harus menjalani perawatan. Negara yang dituju tentu tak akan membayar semua ongkos perawatan. Sebab itu, asuransi perjalanan menjadi penting untuk kebaikanmu juga. (Sumber: Tempo.co/Red)
https://travel.tempo.co/read/1500610/bosan-di-rumah-ini-tips-bijak-bepergian-supaya-aman-dan-hemat